Email
cusangtimurbwi@gmail.com
Call Center
0333 394 233/0823 2929 2007
Jam Pelayanan
Senin-Jumat 07:30-15:30 WIB
CUSO Mobile

Reorganizing

Manajemen merupakan suatu seni. Seni dalam mengatur. Suatu proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki. Menurut Mary Parker Follet, pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Merunut pengertian itu, berarti seorang manajer adalah tukang ngatur. Tukang ngongkon

Bapak ilmu manajemen ilmiah, George R. Terry, menyatakan ada empat fungsi manajemen yaitu POAC : Planning (Perencanaan), Organizing (Perorganisasian), Actuating (Penggerakan), Controlling (Pengawasan). Planning (Perencanaan) adalah suatu aktivitas menyusun kegiatan untuk mencapai tujuan. Organizing (Pengorganisasian) merupakan tindakan untuk mengalokasikan sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk menjalankan rencana yang telah disepakati. Actuating (Penggerakan) adalah proses memberikan teladan, petunjuk, motivasi, dan perintah kepada sumber daya manusia sedemikian rupa sehingga mereka berupaya optimal demi tercapainya tujuan organisasi. Controlling (Pengawasan) merupakan aktivitas melakukan pengendalian kegiatan yang dilakukan, menilai kinerja sesuai dengan standar yang ditetapkan dan melakukan koreksi.

Kita fokus pada Organizing (Pengorganisasian). Pada awal-awal CU Sang Timur berdiri, boleh dikatakan semua opo eneke. Seng enek iki yo iki seng dicakne, artinya yang ada ini, ya ini yang digunakan. Jumlah karyawan masih terbatas, job description atau pembagian tugas belum jelas, tumpang tindih wewenang, banyak rangkap jabatan, peraturan belum banyak dibuat, dan banyak kekurangan lain. Tentang rangkap jabatan ini pada awal CU Sang Timur berdiri, satu orang memiliki 7 jabatan (manajer, staf kredit, staf administrasi, teller, staf simpanan lapangan, dan office boy). Untunglah dia “legowo” dan mau melepaskan satu per satu jabatan yang dia miliki….

Proses pengorganisasian telah CU lakukan sepanjang waktu. Namun tahun 2019 ini ada sesuatu yang berbeda. Kita mengambil tema REORGANIZING atau Pengorganisasian Kembali. Kita menata kembali sumber daya manusia dan sumber daya lain yang kita miliki. Tahun 2019 ada pemilihan pengurus dan pengawas baru, artinya sumber daya manusia di kepengurusan dan kepengawasan berubah. Struktur manajemen kita revisi. Ada beberapa jabatan baru.

Proses REORGANIZING ini sudah kita mulai dengan mengubah AD/ART; memperbaiki visi misi CU; merancang tujuan organisasi, nilai, budaya, yel-yel dan motto yang baru. Selanjutnya dengan memperjelas job description bagi pengurus, pengawas dan manajemen dan diteruskan dengan menempatkan orang yang tepat sesuai dengan tugas dan kemampuannya (The right man on the right place). Pengisian jabatan pengurus dan pengawas akan kita lakukan melalui pemilihan pengurus dan pengawas pada saat RAT XII. Pengisian struktur manajemen kita lakukan lewat proses seleksi jabatan. Harapannya tidak terjadi tumpang tindih wewenang dan meminimalkan rangkap jabatan.

CU tidak berhenti di sini. Kita akan terus berupaya menjadi lebih dan lebih, dan bisa melampaui harapan anggota.
CU Sang Timur : DJOSSST!

Like and Share-kan kabar gembira ini kepada semua orang.

Oleh : Andreas Gian Purwoko, SE

About the author

Leave a Reply

WhatsApp chat