All for Joomla All for Webmasters
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Email
cusangtimurbwi@gmail.com
Customer Service
(0333) 394 233
Jam Pelayanan Kas
Senin - Jumat : 08:00 - 15:00
CUSO Mobile Application

Pengajuan Pinjaman

PENGAJUAN PINJAMAN

Bagi Anda yang sudah menjadi Anggota CU Sang Timur, dan ingin memanfaatkan fasilitas Pinjaman, berikut langkah-langkahnya :

PROSEDUR

  1. Calon peminjam mengisi formulir permohonan pinjaman.
  2. Calon peminjam menyerahkan formulirdilampiri foto copy KTP yang bersangkutan, KTP suami/isteri (atau KTP orang tua jika belum menikah), Kartu Keluarga (KK), Akta Nikah/Akta Cerai, Dokumen agunan. Semua berkas sebanyak 2 lembar, masih berlaku dan terbaru.
  3. Bersedia dilakukan verifikasi data (survey) untuk konfirmasi atas data pribadi yang diberikan
  4. Permohonan pinjaman akan dipertimbangkan oleh Manajemen dan
  5. Pertimbangan dalam mengabulkan permohonan pinjaman ditentukan oleh :
    • Kemampuan keuangan anggota untuk memenuhi kewajiban.
    • Keadaan keuangan Koperasi.
    • Simpanan yang dimiliki anggota.
    • Kredibilitas selama menjadi anggota.
    • Catatan riwayat menjadi peminjam.
    • Jaminan yang diberikan.
  6. Permohonan yang dikabulkan, calon peminjam dihubungi oleh dalam rangka realisasi pinjaman di Kantor Koperasi.
  7. Realisasi pinjaman dengan persetujuan istri/suami (bagi yang belum menikah dengan persetujuan orang tua). Jika suami/istri bekerja di luar negeri, maka harus membuat surat pernyataan mengetahui kepala desa.
  8. Pada saat realisasi pinjaman dilakukan, maka simpanan pokok harus lunas dan simpanan wajib harus lunas sampai saat itu dan bersedia menyetor simpanan sejahtera sebesar 1% dari pokok pinjaman yang direalisasi, kecuali untuk pinjaman sejahtera dan pinjaman produktif.
  9. Uang realisasi pinjaman ditransfer ke rekening Sibuhar yang bersangkutan.
  10. Pembayaran angsuran sesuai jenis angsuran dan perjanjian. Toleransi keterlambatan pembayaran maksimal 5 hari setelah jatuh tempo pembayaran.

 JAMINAN PINJAMAN

  1. Jenis jaminan pinjaman berupa simpanan anggota dan atau semua simpanan lainnya. Simpanan yang menjadi jaminan pinjaman tidak boleh ditarik.
  2. Jaminan barang bergerak (roda 2 atau roda 4) disertai dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), Bukti Pajak, dan BPKB (bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan dilakukan cek fisik. Jaminan barang bergerak dapat diikat secara notariil yang diatur berdasarkan keputusan pengurus.
  3. Jaminan benda tidak bergerak (tanah dan bangunan) disertai dengan SHM (Sertipikat Hak Milik). SHM harus atas nama sendiri, atau suami/istri, orang tua kandung, anak kandung, atau saudara kandung. Jaminan benda tidak bergerak dapat diikat secara notariil yang diatur berdasarkan keputusan pengurus.
  4. Surat Kuasa pemotongan gaji dapat digunakan sebagai jaminan dengan syarat harus ada perjanjian kerjasama antara Koperasi dengan lembaga/instansi yang bersangkutan. Perjanjian kerjasama ini dijamin dengan surat berharga berupa SHM atau BPKB yang digunakan bersama (tanggung renteng).
  5. Barang yang dijaminkan tidak boleh dijual, digadaikan, dsb. Bila jaminan diganti, maka nilai jaminan baru harus setara dengan nilai jaminan lama dan membuat perjanjian baru lagi. Prosesnya seperti pengajuan pinjaman baru.
  6. Satu jaminan hanya boleh digunakan untuk satu jenis pinjaman

 

Silahkan Mendownload File Yang Diperlukan :