All for Joomla All for Webmasters
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Email
cusangtimurbwi@gmail.com
Customer Service
(0333) 394 233
Jam Pelayanan Kas
Senin - Jumat : 08:00 - 15:00
CUSO Mobile Application

FAQ

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

 

Berkaitan dengan semangat swadaya dan solidaritas perlu ditinjau ulang bahwa kita bisa memperoleh SHU besar karena pinjaman anggota. Apakah tidak ada kebijakan bahwa SHU kepada si peminjam dinaikkan atau ditinjau ulang?

CU Sang Timur yang merupakan lembaga yang bergerak di bidang jasa keuangan memang usaha utamanya adalah simpan pinjam. Pendapatan dari jasa pinjaman menjadi pendapatan terbesar yang menopang keberlangsungan CU, termasuk dalam pencapaian SHU. SHU untuk anggota ada dua jenis yaitu Balas Jasa Simpan (BJS) dan Balas Jasa Pinjam (BJP). BJP ini dasar penghitungannya yaitu dari jasa pinjaman yang dibayarkan anggota kepada CU. Semakin besar anggota pinjam dan rutin membayar angsurannya, maka semakin besar pula BJP yang dia peroleh.  Sampai dengan tahun 2014, BJP kita 1% dari jasa pinjaman yang di bayarkan anggota selama satu tahun. Mulai tahun 2015, besaran BJP kita naikkan menjadi 1,5%. Semoga untuk tahun selanjutnya bisa kita naikkan lagi mengingat Kredit merupakan NAFAS CU. Terima kasih

Sebagian besar anggota termotivasi untuk bergabung dengan CU karena membutuhkan dana. Bagaimana solusi yang tepat agar dari pihak CU dan anggota sama-sama memperoleh kesejahteraan bersama

Ada banyak alasan mengapa anggota bisa percaya dan bergabung dengan CU Sang Timur. Karena butuh dana, untuk mempermudah prosesnya jika suatu saat butuh pinjaman, ajakan keluarga/teman, atau dengan kesadaran sendiri untuk investasi masa depan. Idealnya bergabung menjadi anggota CU karena alasan terakhir tadi yang muaranya kesejahteraan bersama. Tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa sebagian besar anggota bergabung dengan CU Sang Timur  karena membutuhkan dana/pinjaman. Apakah jelek? Ya tidak juga. Karena tidak semua orang tahu tentang CU. Maka supaya mereka tahu CU, tidak masalah orang datang jadi anggota dengan berbagai macam alasan, asalkan tidak untuk nia buruk. Setelah menjadi anggota lalu kita beri pendidikan tentang CU materi yang lain termasuk pengelolaan keuangan. Disinilah kita kemudian berbicara tidak hanya masalah simpan pinjam, tetapi tentang bagaimana mewujudkan kesejahteraan bersama itu. Terima kasih

Proses pengajuan pinjaman biasanya memakan waktu yang lumayan lama, ‘mungkin sampai satu minggu’. Mohon penjelasannya apa yang membuat prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Prinsip kehati-hatian. CU Sang Timur dalam menjalankan kegiatan intermediasi (yaitu menghimpun dan menyalurkan dana; penghubung pihak yang kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana) menerapkan prinsip ini.

Ini kami lakukan dalam rangka melindungi dana anggota yang disimpan di lembaga kita dan tingkat kepercayaan anggota semakin meningkat, sehingga lembaga CU Sang Timur tetap sehat dan semakin banyak masyarakat yang bergabung menjadi anggota.

Dalam penyaluran pinjaman, kita menggunakan prinsip TUKKEPAR (TUjuan Pinjaman, Kemampuan mengembalikan, KERajinan Menabung, PARtisipasi sebagai anggota) dan juga prinsip 5C yaitu Character (mengenal sifat pribadi calon peminjam), Capacity (menilai kemampuan membayar), Capital (menilai kemampuan permodalan), Condition (menilai kondisi ekonomi yang berkaitan dengan usaha), dan Collateral (menilai jaminan/agunan yang diajukan).

Secara umum, proses pengajuan sampai realisasi sekitar 5 hari kerja. Namun itu tidak bisa digeneralisasi untuk semua anggota. Cepat dan tidaknya proses itu sangat relatif. Ada yang cepat, ada yang lumayan cepat, ada yang agak lama. Untuk anggota yang sudah sering pinjam dan track record bagus, satu hari pun bisa langsung direalisasi.

Jika bisa dipermudah, mengapa dipersulit. Niat kita supaya kredit yang disalurkan benar-benar bisa memberdayakan anggota serta keberlangsungan usaha anggota dan lembaga kita.

Sudah lama saya menjadi anggota CU Sang Timur dan termasuk anggota yang mempunyai track pinjaman bagus. Apakah tidak ada kebijakan bahwa untuk jasa pinjaman ditinjau ulang?. Berkaitan dengan pengajuan pinjaman yang memenuhi persaratan, mungkin CU bisa menjelaskan hal yang mendasari persetujuan pinjaman yang tidak sesuai dengan pengajuan.

Terima kasih sudah menjadi anggota yang ideal, yang bisa melaksanakan hak dan kewajibannya. Kita ingin semua anggota seperti itu. Mengenai kebijakan bunga atau jasa pinjaman, CU Sang Timur hampir setiap tahun menurunkan bunga pinjaman. Untuk anggota lama (yang sudah menjadi anggota satu tahun) juga sudah diberikan bunga yang lebih rendah dari pada anggota yang baru (belum satu tahun menjadi anggota). Bisa saja bunga pinjaman untuk anggota lama lebih rendah lagi (misalnya dengan syarat sudah 3 atau 5 tahun menjadi anggota, sudah pernah pinjaman minimal 3 kali, tidak menunggak kewajiban, dsb). Itu bisa kita bahas di Rapat Anggota Rencana Kerja (RARK).

Mengenai realisasi pinjaman tidak sesuai dengan pengajuan, ada banyak sekali pertimbangannya. Lebih jelas bisa dibaca di jawaban dari pertanyaan nomor satu. Mungkin jika kurang jelas lagi bisa menghubungi Manajemen.

Simpanan saham atau simpanan anggota merupakan simpanan yang diperhitungkan sebagai simpanan saham CU dan tidak bisa ditarik kecuali dalam keadaan tertentu. Simpanan anggota akan terus bertambah seiring bertambahnya saldo simpanan wajib dan Anggota juga bisa menambah simpanan sejahtera sesuai kemampuan. Dalam Pola Kebijkan, simpanan Saham bisa digunakan sebagai agunan pinjaman. Pertanyaan saya, apakah bisa pengajuan pinjaman lebih besar dari simpanan saham?.

Semua bisa dimungkinkan jika ada niat baik dari kita semua dan benar-benar diterapkan. Pada awal CU Sang Timur berdiri, anggota bisa mendapatkan pinjaman dengan jaminan simpanan anggotanya sebesar maksimal 3 kali simpanan anggota. Ternyata banyak yang lalai alias tidak membayar kewajibannya. Akhirnya kami mengevaluasi kebijakan tersebut. Simpanan anggota bisa menjadi jaminan pinjaman maksimal sebesar simpanan tersebut atau 100%. Kebijakan itu berlaku sampai sekarang. Namun bukan berarti akan tetap seperti itu. Kebijakan tersebut bisa disesuaikan atau diubah lagi dengan pola kebijakan yang lebih baik. Aman bagi lembaga, menguntungkan bagi anggota.

Sebagai sebuah lembaga keuangan tentu CU tidak bisa lepas dari keamanan dan pengawasan. Setiap anggota tentu memiliki keraguan tentang keberadaan lembaga apalagi tentang tata kelola keuangan yang diserahkan kepada CU.  Bagaima CU Meyakinkan kepada anggota bahwa lembaga kita ini memang benar-benar aman. Mengingat rasa aman adalah salah satu unsur penting dalam sebuah kerjasama.

Kerja nyata!!!  CU Sang Timur ada karena saling percaya. Saling percaya antar dan antara Pengurus, Pengawas, Manajemen, dan Anggota. Saling percaya ada karena sikap yang konsisten antara tindakan dan apa yang disampaikan. Untuk bisa dipercaya maka CU harus membangun kualitas dan karakter positif SDM (Sumber Daya Manusia) dengan terus belajar.
Analoginya begini. Saya tidak akan kuatir meminjamkan sepeda motor saya pada orang yang sudah mahir mengendarai sepeda motor. Karena risiko untuk kecelakaan akan rendah. Sebaliknya, saya akan sangat kuatir meminjamkan sepeda motor pada orang yang tidak mahir mengendarainya. Karena risiko kecelakaan akan tinggi.
Menggunakan analogi itu, maka CU Sang Timur akan terus meningkatkan kapasitas SDM-nya yang notabene merupakan pengelola uang milik anggota. Jika kemampuan pengelola ini semakin tinggi, maka risiko bangkrut atau kecurangan akan semakin rendah. Artinya keamanan uang yang disimpan di CU ini akan terjamin.
Pengembangan teknologi yang mengarah pada sistem informasi manajemen juga terus kita tingkatkan. Termasuk melibatkan anggota dalam pengawasan lembaga ini (antara lain melalui CUSO Mobile). Yang tidak boleh dikesampingkan juga peningkatan komunikasi antara Pengurus, Pengawas, Manajemen dan Anggota.
Namun ini tidak berhenti di sini saja. Kita harus meningkatkan kapasitas anggota. Karena lebih dari 75%  uang yang disimpan di lembaga ini berada di tangan anggota dalam bentuk pinjaman. Kita harus mendidik kemampuan anggota dalam mengelola/menggunakan uang yang dipinjam dari CU, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya dan menekan kredit macet.
Mari bersama-sama berparsipasi untuk mewujudkan CU Sang Timur yang aman.

Kurangnya pendidikan serta pengertian tentang Credit Union adalah salah satu faktor yang menyebabkan anggota dan calon anggota menganggap Credit Union sama dengan lembaga keuangan di sekitar kita. Pendidikan Dasar memang telah dilaksanakan di Tempat Pelayanan, akan tetapai dari kacamata saya, pendidikan dasar belum tersampaikan secara menyeluruh kepada anggota, lebih-lebih anggota yang baru masuk dalam lembaga kita. Strategi yang tepat agar pendidikan bisa menyeluruh dan anggota lebih berminat.

Memang harus kita akui bahwa intensitas pelaksanaan pendidikan dasar anggota kurang. Belum menyentuh semua anggota. Sehingga tidak heran jika masih banyak anggota CU Sang Timur sendiri tidak tahu bedanya CU dengan lembaga keuangan lain. Akhirnya rasa memiliki atau sense of belonging terhadap CU Sang Timur kurang.

Kemudian strategi apa yang harus dilakukan?

  1. Membentuk tim pendidikan yang solid dan memiliki kapasitas mumpuni.
  2. Tim pendidikan membuat perencanaan yang matang termasuk materi yang bagus dan mem”bumi” alias bisa diimplementasikan.
  3. Membuat kebijakan yang bisa menyadarkan anggota untuk hadir dalam Pendidikan Dasar. Mensosialisasikan bahwa pendidikan anggota itu sifatnya wajib (kalau perlu buat aturan yang bisa “memaksa” anggota untuk menghadiri Pendidikan Dasar)
  4. Implementasi rencana pendidikan secara berkelanjutan

Fasilitas pinjaman adalah salah satu produk yang paling sering dimanfaatkan oleh anggota maupun calon anggota. Disana terdapat sistem pinjaman seperti: Flat, Efektif Anuitas, Efektir Musiman. Dalam proses pengembangan usaha tentu setiap anggota memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya saja petani. Sebagian petani pasti mengandalkan hasil panen untuk membayar pinjamannya. Pertanyaannya, apakah di CU tidak mengkaji ulang untuk membahkan sistem pinjaman yang cara mengangsurnya setiap jangka bulan tertentu, 3 bulan, 5 bulan dan seterusnya.

Kami memahami bahwa perkerjaan tertentu tidak bisa mendapatkan penghasilan rutin secara bulanan. Contoh paling umum adalah para petani. Hal ini tentu berdampak pada kelancaran angsuran bagi anggota yang bekerja sebagai petani, karena harus membayar angsuran secara bulanan.

Dua tahun yang lalu kami berupaya untuk merancang sistem angsuran yang sesuai dengan pola penghasilan petani. Sistem angsuran musiman (3 bulan atau 4 bulan) pernah kami kaji untuk diaplikasikan pada produk pinjaman CU Sang Timur.  Dalam sistem ini, peminjam akan membayar angsuran pokok dan jasa pinjaman 3 bulan atau 4 bulan sekali. Namun dalam prakteknya, kami kesulitan dalam administrasi karena sistem akuntansi kami belum mendukung untuk angsuran musiman ini.

Untuk solusinya, kami menganjurkan bagi para petani untuk memilih jenis angsuran efektif musiman. Jenis angsuran ini hanya mewajibkan membayar jasa pinjaman setiap bulan. Jasa pinjaman juga boleh dibayar di depan sekaligus. Jika ada uang lebih boleh untuk membayar pokok pinjamannya pada saat jatuh tempo bulanan dan jasa akan turun pada bulan berikutnya. Jadi tidak ada kewajiban untuk membayar pokok pinjaman setiap bulan, namun pokok pinjaman harus lunas pada saat jatuh tempo. Kelebihan lain jenis angsuran ini adalah tidak ada penalty jika ada pelunasan sebelum jatuh tempo.

Saya memang anggota lama,  kesibukan untuk mengawasi jalanannya usaha membuat saya tidak sempat menghadiri acara-acara yang diselenggarakan oleh CU, dan ketika ditanya soal SIHAYA, saya kurang begitu mengerti. Yang saya ketahui hanyalah Pinjaman dan SIBUHAR.

Sihaya merupakan singkatan dari Simpanan Hari Raya. Simpanan ini ditujukan untuk persiapan hari raya keagamaan dan hanya dapat diambil 30 hari menjelang hari raya besar Natal/Idul Fitri. Untuk saat ini memang hanya ada dua jenis Sihaya yaitu Sihaya Natal dan Sihaya Idul Fitri. Tidak harus sesuai dengan agamanya masing-masing. Artinya orang kristiani boleh membuka Sihaya Idul Fitri dan sebaliknya orang muslim boleh membuka Sihaya Natal, atau bahkan membuka kedua jenis Sihaya tersebut. Ketentuan detailnya sbb:
Pembukaan rekening/setoran awal minimal Rp. 20.000,-
Penyetoran selanjutnya minimal Rp. 10.000,-
Saldo mengendap minimal Rp. 20.000,-
Jika saldo simpanan kurang dari sama dengan Rp. 100.000,-, maka tidak mendapat jasa simpanan
Rekening ditutup bila tidak ada mutasi lebih dari 12 bulan secara berturut-turut dan saldo kurang dari Rp. 25.000,-
Jasa simpanan lebih besar 1 % p.a (per tahun) dari jasa simpanan yang berlaku di Sibuhar.
Sihaya yang ditarik tidak sesuai ketentuan, akan dikenakan penalty sebesar 4% dari yang ditarik.

Adakah kontrol terhadap anggota KSU “CU Sang Timur?” Misalnya saja pendampingan anggota atau pun calon anggota.

Pendampingan terhadap anggota secara khusus memang belum ada. Pendampingan masih bersifat kunjungan biasa oleh karyawan untuk melihat perkembangan usaha anggota.  Kadang kala manager juga ke lapangan untuk kunjungan ke beberapa anggota. Kunjungan ini masih bersifat silaturahmi, artinya masih sebatas untuk semakin dekat dengan anggota dan sharing tentang usaha anggota.

Mengapa pendampingan belum ada? Karena CU Sang Timur belum memiliki petugas khusus untuk secara intensif mendampingi usaha anggota. Idealnya memang demikian. CU Sang Timur harus memiliki petugas khusus untuk saling memberi ide dan informasi untuk meningkatkan usaha anggota, serta memberikan solusi permasalahan yang berkaitan dengan usaha anggota. Semoga ke depan rencana ini bisa segera terwujud. Terima kasih

Ketika saya mengganti password default dengan password yang saya inginkan, ternyata saya lupa untuk mencatatnya. Begitu saya coba masuk, yang muncul ‘User Name dan Password Salah’. Jika sudah begini, siapakah yang harus saya hubungi?

Program CUSO Mobile adalah salah satu inovasi yang ditujukan untuk anggota. Berfungsi sebagai media untuk pengawasan terhadap lembaga dan investasi anggota dan calon anggota di CU Sang Timur.

Bagaimana jika lupa kata sandi untuk masuk?

Untuk menjawab pertanyaan di atas solusinya adalah, anda harus datang ke Kantor Pelayanan terdekat. Disana, anda memberika laporan kepada staf administrasi atau staf yang sedang bertugas. Kata sandi akan diperbarui. Selain hal tersebut, anda bisa bertanya seputar CUSO Mobile. Terima Kasih.