All for Joomla All for Webmasters
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Selamat Datang di Website Resmi CU Sang Timur Banyuwangi
Email
cusangtimurbwi@gmail.com
Customer Service
(0333) 394 233
Jam Pelayanan Kas
Senin - Jumat : 08:00 - 15:00
CUSO Mobile Application

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis

Ide bisnis baru memang tidak ada matinya. Setiap hari akan terus muncul inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dan menghasilkan produk baru di pasaran. Ya, bisnis adalah tentang bertahan dan berkembang di arus pasar, dan untuk itu Anda harus terus melakukan inovasi agar tidak kehilangan pasar.

Pertanyaannya adalah bagaimana kemudian menemukan ide cemerlang untuk mewujudkan inovasi tersebut? Di bawah ini 5 trik yang dapat Anda lakukan untuk melakukan inovasi bisnis.

1. Berpikir kreatif
Hukum wajib dari melakukan inovasi bisnis adalah kreatif! Ya, untuk bisa terus-menerus menciptakan ide baru Anda harus merangsang otak untuk berkreasi semaksimal mungkin. Jangan dulu merasa nyaman dengan kondisi pencapaian Anda saat ini, karena kompetitor baru yang lebih inovatif sangat mungkin melengserkan Anda. Carilah ide-ide baru sebanyak mungkin dengan cara analisa pasar. Kemudian analisa lagi ide-ide tersebut kelihatannya memiliki potensi sukses lebih besar Intinya kreatif sampai mati!

2. Ambil Ide dari sekeliling Anda
Ide baru bisa berasal dari mana saja. Cobalah lihat sekeliling Anda, apakah ada hal unik yang bisa diambil dan diterapkan pada produk Anda? Bisa jadi ide tersebut justru berasal dari lingkungan sekitar seperti rumah, tetangga, atau lingkungan pergaulan tapi Anda tidak menyadarinya.

3. Jaring feedback dari konsumen
Kebanyakan ide-ide untuk membuat produk baru justru datang karena keinginan dan kebutuhan konsumen. Konsumen memang yang paling mengetahui apa yang mereka butuhkan, oleh karena itu jangan abaikan ide dari mereka tersebut. Biasanya konsumen menginginkan pemilik usaha mengembangkan produknya sesuai dengna kebutuhan mereka.

Ambil contoh, misalnya Anda adalah pengusaha keripik yang memiliki konsumen dari kalangan vegetarian. Konsumen penggemar keripik tersebut tentu ingin bisa mengkonsumsi cemilan keripik dari Anda tanpa mengganggu pola hidup sehat mereka. Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut, misalnya dengan menciptakan keripik dari sayur-sayuran yang rendah kalori dan sebagainya.

4. Mengikuti perkembangan
Untuk bisa survive dalam bisnis Anda harus selalu mengikuti setiap perkembangan dunia bisnis, baik info pasar, konsumen, termasuk dalam hal inovasi. Bahkan jika perlu Anda juga harus mengikuti perkembangan pesaing Anda. Inovasi produk yang dilakukan oleh orang lain bisa jadi memberikan insiprasi kepada Anda untuk melakukan hal lebih. Mungkin ada beberapa kalangan pengusaha yang selalu memandang pesimis tentang langkah inovasi yang dilakukan pesaing bisnisnya, Anda jangan sampai terjebak dalam mindset tersebut. Justru langkah inovasi mereka harus dijadikan lecutan agar bisnis Anda melakukan hal yang serupa.

5. Berani mengubah
Untuk bisa melangkah dalam inovasi, tidak bisa tidak, Anda harus berani mengambil langkah bahkan harus merubah pakem yang sudah ada. Jangan takut membawa bisnis melawan arus populer sebab mungkin saja kelak bisnis Anda yang akan menjadi trensetter. Misalnya saja dengan cara merubah resep pada makanan atau minuman. Kebanyakan pengusaha takut merubah pakem yang sudah ada sejak lama sehingga mereka selalu tertinggal dari mereka yang berani membuat perubahan. Memang tidak semua langkah inovasi menuntut perubahan hingga hal mendasar, namun apabila hal tersebut diperlukan untuk kesuksesan yang lebih besar Anda harus berani melakukannya.

 

Sumber Gambar : http://bisnisukm.com/uploads/2015/03/inovasi-bisnis.jpg

About the author

Leave a Reply

Desember 2018
S S R K J S M
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31